OpenWrt Option GSX1 Huntsman

22.35
Akhir-akhir ini sering dicari firmware OpenWrt untuk router yang akan digunakan secara dedicated pada sebuah receiver tv satelit digital yang terkoneksi ke internet. Satu fitur utama barangkali yang sering dicari adalah "continous ping" untuk memfungsikan router agar koneksi internetnya tidak pernah idle. Hal ini sangat penting kata teman-teman dalam hal melakukan 'penerbangan' (fly high to the sky). Maaf, jangan tanya saya istilah fly itu apa, googling sendiri saja deh ya.

Ok, karena kekurangan firmware default Option GlobeSurfer X1 yang salah satunya adalah tidak bisa auto dial ketika boot saat modem sudah tertancap duluan (pake ZTE MF627), upgrade ke OpenWrt mungkin salah satu solusinya. Ya, barangkali karena router ini dibuat untuk keperluan portable yang tentunya secara teknis modem akan dicabut setiap kali selesai dipake.

Hasil build tadi pagi kira-kira seperti ini:


Saya masih kesulitan nyettingnya, entah bug atau apa, setiap kali reboot maka interface WAN akan kembali ke UMTS/GPRS. Maunya saya di 3GOnly saja, tapi belum bisa disetting karena modem tidak muncul di Connection Status. Kalau ingin pake firmware ini, silakan download di sini:
Download OpenWrt Option GSX1

Kalau mau ganti uboot juga silakan, filenya ada di folder tersebut. Tapi harap berhati-hati, karena kalo salah upgrade bootloader maka router akan brick tanpa ampun.

Update:
Tidak apa-apa deh tidak bisa 3G Only secara default pake modem ZTE MF627, yang penting bisa konek dengan mulus dan modem tidak sering disko kayak di router lain.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »